Peran Intention to Purchase dan Perceived Behavioral Control Untuk Meningkatkan Actual Behavior Berbasis Theory of Planned Behavior
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perceived behavioral control dan
intention to purchase dapat meningkatkan actual behavior terhadap pembelian
produk pada generasi Y dan Z menggunakan theory of planned behavior (TPB).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive
sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan teknik
pengumpulan melalui penyebaran kuesioner kepada 215 responden. Penelitian ini
menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan software
AMOS 24 Graphics. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa utilitarian
value, hedonic value, dan trust memiliki pengaruh positif signifikan terhadap
intention to purchase, subjective norms memiliki pengaruh positif signifikan
terhadap perceived behavioral control, dan intention to purchase memiliki
pengaruh positif signifikan terhadap actual behavior. Penemuan baru dalam
penelitian ini yaitu perceived behavioral control memiliki pengaruh positif
signifikan terhadap intention to purchase, dan subjective norms memiliki
pengaruh negatif signifikan terhadap intention to purchase. Penelitian ini dapat
bermanfaat bagi perusahaan dalam mengoptimalkan strategi pemasaran dengan
cara menjaga citra merek, inovasi produk, dan menciptakan persepsi yang baik
dengan konsumen. Penelitian ini memiliki pembaharuan variabel yaitu perceived
behavioral control.
Collections
- Management [4703]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
The Impact Of Salesperson’s Behavior On Consumer’s Purchase Intention A Study Of Fashion Retail Stores In Yogyakarta
Afra Aprilia (Universitas Islam Indonesia, 2016)Little attention has been directed at the actions performed by the salespersons at the store. Whereas, fact is the manners of a salesperson mean a lot to a customer, which further gives an implication to the process of ... -
Analisis Faktor-faktor Potensial Terhadap Minat Penggunaan E-Filing: Modifikasi Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory of Planned Behavior (TPB)
Fitra Kusumaningrum, 13312111 (Universitas Islam Indonesia, 2017-02-21)Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara terbesar di Indonesia. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007, setiap wajib pajak harus menyerahkan Surat Pemberitahuan (SPT) untuk melaporkan pajak mereka. ... -
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN ONLINE DAN PASCA-ONLINE MAHASISWA DI YOGYAKARTA PADA APLIKASI BELANJA ONLINE SHOPEE
Wan Farahghina Afritami, 15311100 (Universitas Islam Indonesia, 2019-06-27)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Online dan Pelajar Post-Online di Yogyakarta dalam Aplikasi Shopee Online Shopping. Data yang digunakan dalam penelitian ini ...