Analisis Komunikasi Pemasaran Digital Bucini untuk menjaga Kesinambungan Usaha di Era Digital
Abstract
PT. Mandiri Jogja Internasional atau yang biasa disebut MJOINT atau
yang dikenal sebagai Bucini dulunya merupakan perusahaan rumahan yang
mulai berdiri di sebuah grasi rumah yang terletak di sebuah desa yang berada
di Kotagede, Daerah Istimera Yogyakarta. PT. Mandiri Jogja Internasional
yang kala itu didirikan oleh Rico Yudi Asmoro merupakan perusahaan lokal
yang awalnya hanya memproduksi produk dompet dan aksesoris berbahan
dasar kulit. Perusahaan yang didirikan oleh Rico Yudi Asmoro pada tanggal
1 Juni 1997 itu kini lebih dikenal dengan nama Bucini.
Komunikasi pemasaran digital merupakan suatu pendekatan pemasaran
yang menggunakan berbagai media digital dan teknologi informasi untuk
berinteraksi dengan customer, melakukan promosi dan layanan. Komunikasi
pemasaran digital mencakup hamper semua platform online. Iklan berbayar
juga merupakan salah satu bentuk dari komunikasi pemasaran digital.
Komunikasi pemasaran digital pada saat ini juga dapat di analisis dimana
kegiatan tersebut di namakan media sosial engagement.
Bucini sangat berupaya untuk mengikuti perkembangan zaman guna
untuk menunjang peningkatan pasar, perancangan strategi pemasaran digital
guna untuk meningkatan nilai engagement telah disampaikan penulis pada
pihak bucini pada saat magang berlangsung, dimana penulis telah
memberikan beberapa strategi seperti merekrut media sosial specialist,
memasang iklan online seperti pada Instagram Ads agar pengguna Instagram
tertarik dan mengunjungi Instagram Bucini telah disampaikan. Strategi
pemasaran digital yang disampaikan penulis diharapkan mampu untuk
membantu menangani permasalahan dalam penjualan online Bucini.
Collections
- Management [4703]