Optimasi Pemasaran di Perguruan Tinggi: Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa melalui Media Sosial dengan Keterlibatan Mahasiswa dan Dosen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran di perguruan tinggi
dengan mempertimbangkan variabel independen interaktivitas dengan teman
(interactivity with peers), interaktivitas dengan dosen (interactivity with lecturers)
, dan pembelajaran aktif kolaboratif (active collaborative learning) . Sementara itu,
variabel dependen yang diteliti melibatkan keterlibatan (engagement), penggunaan
media sosial (social media use) dan kepuasan mahasiswa (students satisfaction).
Responden penelitian ini sebanyak 157 orang dilibatkan dalam penelitian ini.
Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode SmartPLS. Ahasil
penelitian ini menunjukan bahwa semua indikator dalam variabel-variabel
dependen dan independen menghasilkan nilai yang positif dan valid. Temuan ini
memberikan kontribusi pemahaman yang lebih mendalam tentang dinamika
pemasaran di perguruan tinggi, khususnya dalam konteks interaktivitas,
pembelajaran kolaboratif aktif dan pemanfaatan media sosial yang semuanya
berpotensi meningkatkan kepuasan mahasiswa. Studi ini berkontribusi dalam
memperkaya literatur pemasaran di perguruan tinggi. Studi ini juga
merekomendasikan manajer untuk mempengaruhi keputusan pemilihan perguruan
tinggi.
Collections
- Management [4666]