Strategi Meningkatkan Literasi Keuangan Nasabah Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Keuangan Khususnya dari Produk Tabungan Pada PT BPD Sumsel Babel Kantor Cabang Muaradua
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi meningkatkan literasi keuangan nasabah
terhadap produk tabungan di Bank Sumsel Babel Kantor Cabang Muaradua. Selama
magang, fokus utama adalah memahami permasalahan literasi keuangan nasabah
dan merumuskan strategi yang dapat meningkatkan pemahaman dan minat nasabah
terhadap produk tabungan.
PT BPD Sumsel Babel Kantor Cabang muaradua merupakan tempat
pelaksanaan magang dan merupakan salah satu lembaga keuangan terkemuka di
Indonesia yang bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan
dan Bangka Belitung. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dengan metode
yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, observasi langsung di lapangan dan
dokumentasi. Teknik pemilihan partisipan melalui model purposive sampling
dengan target kuesioner yaitu nasabah. Jumlah responden adalah 255 nasabah.
Kuesioner dalam penelitian ini diolah melalui aplikasi Microsoft Excel. Capaian
yang diharapkan dari penelitian ini berfokus pada penyusunan strategi efektif
dalam meningkatkan literasi keuangan nasabah serta implementasi program literasi
yang memberikan dampak positif bagi nasabah.
Rekomendasi kebijakan untuk Bank Sumsel Babel Kantor Cabang
Muaradua melibatkan penyediaan program literasi keuangan berkelanjutan,
peningkatan komunikasi edukasi, layanan konseling keuangan personal,
pengembangan aplikasi literasi keuangan, dan insentif bagi nasabah aktif. Faktor
pendorong mencakup dukungan manajemen, partisipasi aktif nasabah, dan
ketersediaan sumber daya.
Collections
- Management [4703]