Pengaruh Sosial Media Marketing dan Pengalaman Merek terhadap Niat Berkunjung Kembali, Kepercayaan Merek dan Loyalitas Merek pada Starbucks Indonesia
Abstract
Seiring perkembangan teknologi dan komunikasi, interaksi online antar pengguna
media sosial dapat membangun dan menambah ruang pemasaran yang lebih luas
bagi pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Ketika nilai merupakan faktor
kunci bagi konsumen menentukan pilihan serta perilaku (niat berkunjung kembali,
kepercayaan merk, dan loyalitas merek), maka penting bagi pelaku usaha
meningkatkan efek aktivitas pemasaran melalui media sosial untuk menjangkau
konsumen potensial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan
pengaruh sosial media marketing dan pengalaman merek terhadap niat berkunjung
kembali, kepercayaan merek dan loyalitas merek pada starbucks. Penelitian ini
menggunakan SPSS dan SEM dengan program software AMOS 22. Sampel yang
digunakan adalah sebanyak 280 responden. Adapun hasil penelitian ini
menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara sosial media
marketing dan pengalaman merek terhadap niat berkunjung kembali, kepercayaan
merk, dan loyalitas merek. Temuan ini mengkonfirmasi bahwa pemasaran melalui
media sosial yang berkualitas, responsif, relevan, kreatif dan inovatif dapat
mempengaruhi niat seorang individu untuk melakukan kunjungan kembali.
Collections
- Management [4703]