Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Tiktok)
Abstract
Dengan perkembangan internet yang semakin maju masyarakat banyak
yang melakukan pembelian suatu barang secara online. Niat beli masyarakat yang
semakin meningkat menunjukkan perilaku yang konsumtif. Hal itu didukung
dengan maraknya platform di media sosial yang menyajikan berbagai macam
pilihan barang. Salah satu nya yaitu tiktok yang penuh dengan penawaran serta
promosi yang membuat pengguna tiktok tertarik untuk melakukan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived ease of
use, perceived usefulness, structural assurance, social influence, dan intimacy
terhadap purchase intention. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna
aplikasi tiktok di wilayah Indonesia. Sampel dalam penelitian ini diambil
menggunakan teknik purposive sampling dan metode kuesioner serta didapatkan
sebanyak 170 sampel yang sesuai dengan kriteria convenience sampling. Penelitian
ini menggunakan software pengolahan data SPSS versi 26. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perceived ease of use, perceived usefulness, structural
assurance, social influence, berpengaruh terhadap purchase intention. Sedangkan
intimacy tidak berpengaruh terhadap purchase intention
Collections
- Management [4581]