Analisis Faktor-faktor yang Mendorong Pembelian Impulsif Online pada Aplikasi TikTok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mendorong pembelian
impulsif online pada aplikasi TikTok. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh
masyarakat Indonesia yang pernah berbelanja secara online melalui TikTok Shop. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan convenience sampling dengan total sampel sebanyak 138
responden yang diperoleh melalui survei online menggunakan Google Forms. Penelitian ini
menggunakan metode PLS-SEM dengan alat analisisnya yaitu SmartPLS. Alasan penggunaan
metode pengujian ini adalah karena tujuan dari penelitian skripsi ini untuk menguji hubungan
variabel secara kuantitatif, menguji model penelitian (seluruh hubungan variabel) secara simultan
atau bersamaan, dan karena model hubungan variabel dalam penelitian ini kompleks.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh positif dari penjelajahan
hedonis terhadap dorongan untuk membeli secara impulsif, 2) terdapat pengaruh tidak langsung
antara penjelajahan utilitarian terhadap dorongan untuk membeli secara impulsif melalui pengaruh
penjelajahan hedonis, 3) variabel pengaruh interpersonal tidak berdampak positif terhadap
penjelajahan baik hedonis maupun utilitarian, 4) daya tarik visual memiliki pengaruh positif
terhadap penjelajahan hedonis, tetapi memiliki pengaruh negatif terhadap penjelajahan utilitarian,
5) variabel portabilitas tidak berpengaruh positif terhadap penjelajahan hedonis, tetapi memiliki
pengaruh positif terhadap penjelajahan utilitarian, 6) kualitas informasi berdampak negatif
terhadap pengalaman browsing hedonis di TikTok Shop, namun berdampak positif terhadap
pengalaman browsing utilitarian di TikTok Shop.
Collections
- Management [4527]