Minat Beli Generasi Z Terhadap Fashion di E-commerce
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemudahan
penggunaan terhadap sikap penggunaan e-commerce, untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh manfaat terhadap sikap menggunakan e-commerce, untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh risiko terhadap sikap menggunakan e-commerce,
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap sikap menggunakan
e-commerce dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sikap berpengaruh
terhadap minat menggunakan e-commerce pada generasi Z di Yogyakarta.
Lokasi penelitian ini adalah di Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif dengan populasi generasi Z di Yogyakarta dengan jumlah sampel
250 orang dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling (convenience
sampling). Adapun alat analisis yang digunakan adalah Smart PLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan mempunyai pengaruh secara
positif, tetapi tidak signifikan terhadap sikap. Artinya, kemudahan tidak dapat untuk
memprediksi secara signifikan bagi generasi Z di Yogyakarta dalam menggunakan e-
commerce dalam membeli produk fashion melalui e-commerce. Manfaat berpengaruh
secara positif tetapi tidak signifikan signifikan terhadap sikap penggunaan pada generasi
Z di Yogyakarta. Artinya, manfaat tidak memiliki pengaruh yang berarti terhadap sikap
generasi Z terutama dalam mereka menggunakan e-commerce untuk membeli produk
fashion. Risiko berpengaruh positif terhadap minat menggunakan e-commerce pada
generasi Z di Yogyakarta. Artinya, semakin tinggi risiko yang ditanggung oleh generasi
Z di Yogyakarta terhadap e-commerce maka semakin tinggi juga intensitas mereka untuk
membeli produk fashion melalui e-commerce. Kepercayaan secara positif dan signifikan
berpengaruh terhadap minat menggunakan e-commerce oleh generasi Z di Yogyakarta.
Artinya, semakin tinggi kepercayaan generasi Z di Yogyakarta terhadap e-commerce
maka semakin baik juga sikap mereka untuk membeli produk fashion melalui e-
commerce. Sikap penggunaan mempunyai pengaruh secara positif tetapi tidak signifikan
terhadap minat beli di e-commerce oleh generasi Z di Yogyakarta. Artinya, tinggi
rendahnya sikap penggunaan generasi Z di Yogyakarta terhadap e-commerce tidak
mempengaruhi pengaruh terhadap minat beli generasi Z pada pembelian produk fashion
melalui e-commerce.
Collections
- Management [4527]