Pengaruh Knowledge Management terhadap Competitive Advantage yang di mediasi Product Innovation: Studi pada UMKM di Yogyakarta
Abstract
Pada era sekarang persaingan bisnis semakin meningkat, banyak sekali
perubahan yang terjadi. Knowledge management, memiliki pengaruh yang tidak
langsung pada kinerja organisasi, yakni membantu organisasi bertumbuh dan
mempergunakan sumber daya berwujud dan tidak berwujud yang lebih unggul dari
pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh knowledge
management terhadap competitive advantage yang di mediasi innovation product
pada UMKM di Yogyakarta. Dalam penelitian ini UMKM yang ada di Yogyakarta
sebagai populasi dan pada penelitian ini mengambil 120 responden sebagai sampel.
Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling teknik ini lebih tepat,
efektif, dan efisien apabila digunakan oleh para peneliti khususnya penelitian yang
membutuhkan kriteria khusus dalam memecahkan suatu masalah penelitian,
sehingga penelitian ini dapat memenuhi tujuan dan hasil yang lebih nyata. Hipotesis
dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan Structural Equation Modeling
(SEM) dengan menggunakan aplikasi IBM AMOS versi 24. Penelitian ini
menemukan adanya menemukan pengaruh positif dari knowledge management
terhadap competitive advantage yang di mediasi innovation product. Hasil dari
penelitian ini bermanfaat bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan pengetahuan
perusahaan dan competitive advantage bagi perusahaan.
Collections
- Management [4527]