Analisis Faktor Penentu Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan di Kalangan Generation Z di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran lingkungan, eco-label,
green advertising, dan harga terhadap sikap. Menguji pengaruh sikap, kesadaran
lingkungan, eco-label, green advertising, dan harga terhadap keputusan
pembelian produk ramah lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah
generasi Z di Provinsi Yogyakarta dengan jumlah sampel yang dipakai sebanyak
170 orang responden. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling
sebagai metode pengambilan sampling. Teknik penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode survey kuesioner
yang disebarkan secara daring menggunakan media google form. Penelitian ini
menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) sebagai model analisis yang
kemudian diolah menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil analisis dari penelitian
ini adalah eco-label dan green advertising berpengaruh positif terhadap sikap
sedangkan harga dan kesadaran lingkungan tidak berpengaruh positif terhadap
sikap. Harga dan sikap berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian
sedangkan kesadaran lingkungan, eco-label, dan green advertising tidak
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Collections
- Management [4527]