Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa UII Menggunakan Internet Banking
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dengan permasalahan jumlah penggunaan internet banking yang semakin meningkat. Namun, mahasiswa UII masih jarang menggunakan layanan internet banking. Padahal, layanan intenet banking ini
mempermudah dan manfaat nya banyak untuk mahasiswa UII. Selain itu mahasiswa dengan tingkat melek teknologi tetapi masih jarang minat
menggunakan internet banking tersebut. Penelitian bertujuan: 1). untuk menganalisis pengaruh motivasi spiritual,
persepsi manfat, persepsi kemudahan penggunaan terhdapa minat menggunakan.
2).untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, persepsi sistem teknologi informasi
terhadap persepsi kemudahan penggunaan menggunakan internet banking. 3).
Untuk menganalisis persepsi sistem teknologi informasi, persepsi kemudahan
penggunaan terhadap persepsi manfaat. Penelitian menggunakan analisis uji
Structural equation modeling (SEM) dengan program AMOS 23,0. Populasi yang
digunakan adalah Mahasiswa FIAI, FTI dan FE Universitas Islam Indonesia
Yogyakarta dengan latar belakang yang berbeda, sedangkan sampel yang
digunakan adalah 160 responden. 50 responden di FIAI, 60 responden di FE, dan
50 responden di FTI dengan menggunakan purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi spiritual, persepsi manfaat
berpengaruh positif terhadap minat menggunakan internet banking, kepercayaan
dan persepsi sistem teknologi informasi berpengaruh positif terhadap persepsi
manfaat, persepsi sistem teknologi informasi, persepsi manfaat berpengaruh
negatif terhadap persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kemudahan
penggunaan berpengaruh negatif terhadap minat menggunakan internet banking.
Dikarena objek yang tidak sama semuanya sehingga jawaban dalam kuisoner
relative bermacam – bermacam.
Collections
- Economics [2138]