Pengaruh Social Media Marketing dan Self-concept pada Brand Loyalty dengan Menerapkan Teori Flow Experience dalam Online Course Berbasis Islami
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh sosial media marketing dan
self-concept terhadap brand awareness, brand image, dan brand loyalty pada
Generasi Y dan Z di kalangan member Muslim Creator Class, sebuah kursus online
membuat konten berbasis islami. Metode penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan teknik convenience sampling yang menghasilkan 290 sampel.
Analisis Structural Equation Modeling (SEM) dilakukan dengan bantuan perangkat
lunak AMOS 26 Graphics. Temuan utama menunjukkan bahwa social media
marketing memiliki hubungan positif signifikan dengan brand awareness, brand
image, dan brand loyalty. Penemuan baru dalam penelitian ini menunjukkan bahwa
social media marketing memiliki hubungan signifikan positif dengan self-concept.
Brand awareness memiliki hubungan positif signifikan dengan brand loyalty, namun
self-concept tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap brand image, dan brand
image memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap brand loyalty. Implikasi
penelitian ini relevan bagi perusahaan seperti Muslim Creator Class untuk secara
strategis menggunakan pemasaran media sosial yang positif dan sesuai dengan nilai-
nilai Generasi Y dan Z dengan menyajikan konten yang inspiratif, edukatif, dan
selaras dengan nilai-nilai islami.
Collections
- Management [4703]