Proses menciptakan Budaya Perusahaan Berkinerja Tinggi (Studi Kasus di PT Telkom Indonesia Regional 4)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penciptaan budaya perusahaan
yang berkinerja tinggi di PT Telkom Indonesia Regional 4. Penelitian ini
dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada
tiga narasumber dari Unit Human Capital Telkom Indonesia Regional 4 serta
dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki beberapa
proses dalam menciptakan budaya perusahaan yang berkinerja tinggi seperti
memiliki komponen budaya organisasi, subbudaya organisasi, budaya berkinerja
tinggi, sosialisasi budaya organisasi, penyikapan pimpinan terhadap budaya
organisasi, dan high performance work system. Dalam prosesnya menciptakan
budaya perusahaan yang berkinerja tinggi, PT Telkom Indonesia Regional 4
memiliki beberapa tantangan yang dihadapi seperti transformasi perusahaan,
minim keterlibatan karyawan, dan keanekaragaman latar belakang. Dari berbagai
tantangan yang dihadapi, PT Telkom Indonesia Regional 4 melakukan berbagai
adaptasi atau penyesuaian sehingga proses penciptaan budaya perusahaan yang
berkinerja tinggi tetap dapat tercapai dengan efektif seperti menciptakan budaya
inovasi dan belajar di lingkungan kerja, menyesuaikan budaya dengan pekerjaan,
adaptif, mengingatkan secara personal, sharing session, dan serikat karyawan.
Collections
- Management [4703]