Strategi Peningkatan Penggunaan Inovasi Digital PLN Mobile Oleh Konsumen Unit Layanan Pelanggan Tulung Kabupaten Klaten Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Tugas Akhir Magang
Abstract
Perkembangan sistem teknologi telah mempengaruhi proses bisnis
perusahaan, mendorong langkah efisiensi dalam era digitalisasi saat ini.
Perusahaan, termasuk Perusahaan Listrik Negara (PLN), beralih dari pelayanan
konsumen secara langsung menjadi sistem digital dengan aplikasi PLN Mobile.
Diluncurkan pada 31 Oktober 2016, aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan
jangkauan konsumen dan memberikan berbagai layanan terkait jaringan kelistrikan,
termasuk transaksi pra bayar dan pasca bayar.
PLN Mobile tidak hanya memungkinkan konsumen untuk melakukan
berbagai transaksi, tetapi juga menghadirkan layanan pengaduan dan permintaan
layanan baru terkait listrik. Dengan demikian, konsumen dapat mengakses layanan
listrik kapan saja dan di mana saja tanpa harus mengunjungi kantor cabang PLN.
Aplikasi ini juga memberikan kesempatan bagi PLN untuk mendorong pemasaran
melalui promosi yang ditawarkan kepada konsumen.
Di beberapa kota salah satunya Surabaya, telah berhasil menghilangkan
kantor pelayanan fisik dan beralih sepenuhnya ke aplikasi PLN Mobile, menghemat
waktu konsumen. Namun, penggunaan aplikasi ini masih menghadapi beberapa
kendala, terutama di daerah pedesaan yang tertinggal dalam perkembangan
teknologi. Masalah jaringan internet dan sumber daya manusia menjadi tantangan
utama dalam implementasi aplikasi ini.
Untuk meningkatkan penggunaan aplikasi PLN Mobile, penelitian ini
menerapkan Model Penerimaan Teknologi TAM (Technology Acceptance Model)
yang mempertimbangkan aspek kegunaan dan kemudahan penggunaan. Di
samping itu, variabel eksternal sepertisikap pengguna, minat pengguna teknologi,
dan sudut pandang pengguna sesungguhnya juga ditambahkan ke dalam model
TAM. Hasil analisis TAM akan menggambarkan kendala masyarakat dalam
menerima teknologi PLN Mobile dan membantu merumuskan strategi untuk
meningkatkan adopsi aplikasi ini.
Dengan analisis TAM, diharapkan bahwa tantangan dalam penerimaan
teknologi aplikasi PLN Mobile dapat diatasi dan masyarakat akan lebih menerima
serta menggunakan aplikasi ini dengan efektif. Hal ini dapat membawa manfaat
bagi konsumen dalam mendapatkan layanan listrik yang lebih efisien serta
membantu PLN dalam meningkatkan pelayanan kepada konsumen.
Collections
- Management [4703]