Analisis Strategi Customer Relationship Management untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dalam Pembelian Suku Cadang Pada PT Trakindo Utama Cabang BSD
Abstract
Laporan akhir magang ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan
penerapan strategi customer relationship management dalam meningkatkan
hubungan pelanggan, mempertahankan pelanggan, dan meningkatkan loyalitas
pelanggan di PT Trakindo Utama Cabang BSD. PT Trakindo Utama merupakan
sebuah perusahaan yang berada di bidang pertambangan, konstruksi, kehutanan,
minyak dan gas bumi, serta power system. Strategi ini diterapkan untuk
meningkatkan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Laporan akhir
magang ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi CRM dapat membantu
dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa
strategi CRM merupakan strategi yang efektif untuk mempertahankan dan
meningkatkan loyalitas pelanggan.
Selama melaksanakan magang, penulis diberi pengetahuan dan dibimbing
dengan baik. Selain itu, adanya fasilitas dan sumber daya yang disediakan di
perusahaan tersebut membuat penulis merasa nyaman dan dapat beradaptasi dengan
baik. Meskipun ada hambatan selama pelaksanaan magang ini, seperti keterbatasan
penulis dalam berkontribusi di setiap tugas, kurangnya akses untuk mendapatkan
data yang diperlukan, dan kesulitan untuk berdiskusi dengan narasumber yang
terkait dengan penelitian ini dikarenakan sibuk dan tidak sering berada di kantor.
Maka dari itu, penulis memberi masukan bagi perusahaan agar peserta magang
lebih dilibatkan dalam suatu proyek yang melatih dan mengasah kemampuan
peserta magang tetapi tetap dalam pendampingan mentor atau pihak yang
bertanggung jawab.
Collections
- Management [4529]