Analisis Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan Javamifi
Abstract
Dalam era revolusi industri 4.0 ini menjadikan media sosial sebagai sarana yang populer
untuk melakukan kegiatan jual beli. Banyak perusahaan menggunakan influencer untuk
meningkatkan engagement produk yang mereka jual. Fenomena media sosial influencer ini
memberikan pengaruh yang besar terhadap pola konsumsi masyarakat khususnya generasi
milenial, serta juga meningkatkan awareness produk kepada masyarakat luas. Hal ini juga
diterapkan oleh Perusahaan JavaMifi yang menggunakan Influencer untuk meningkatkan
engagement mereka. JavaMifi merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang
jasa layanan teknologi dan informasi yang berfokus dalam penyediaan jaringan internet
portable untuk travelling ke luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana pengaruh influencer terhadap minat beli konsumen dan bagaimana strategi yang
digunakan untuk memperluas pasar dengan menggunakan influencer pada Perusahaan
JavaMifi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode
observasi aksi partisipasi sebagai internship di perusahaan dan wawancara. Penulis
menggunakan analisis marketing mix (bauran pemasaran). Hasil laporan magang ini
menunjukkan bahwa dengan strategi influencer marketing tersebut dapat meningkatkan
interaksi, engagement, followers, viewers dengan audience secara luas pada media sosial
Instagram JavaMifi, melalui konten foto atau video yang dibuat influencer mengundang
banyak konsumen untuk mengikuti apa yang dipakainya sehingga hal tersebut dapat memicu
meningkatkan minat beli konsumen.
Collections
- Management [4548]