Analisis Strategi Eclipse Hotel Yogyakarta Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Segmentasi Pasar
Abstract
Sektor pariwisata adalah sektor yang dapat meningkatkan pendapatan daerah. Pariwisata
membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat di daerah tersebut. Namun pada awal
tahun 2020, dunia digoncangkan dengan adanya wabah virus covid-19, di mana hal itu
menghantam dunia industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Eclipse Hotel Yogyakarta
merupakan salah satu hotel bintang di kawasan jalan Prawirotaman Yogyakarta yang terkena
dampak. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Eclipse Hotel
Yogyakarta beradaptasi dengan perubahan customer market pada saat pandemi covid-19. Metode
penulisan yang digunakan adalah metode kualitatif. Pendekatan ini melibatkan penggunaan teknik
pengumpulan data yang didasarkan pada wawancara dengan karyawan Eclipse Hotel Yogyakarta
dan observasi yang dilakukan selama magang di hotel tersebut. Data yang terkumpul dari
wawancara akan dianalisis menggunakan metode analisis konten. Hasil yang diperoleh dalam
penulisan ini adalah pandemi covid-19 memiliki pengaruh perubahan segmentasi pasar serta
memiliki pengaruh terhadap strategi pemasaran dan penyesuaian layanan di Eclipse Hotel
Yogyakarta dilakukan untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar sebelum pandemi, strategi
pemasaran yang dilakukan oleh Eclipse Hotel Yogyakarta adalah dengan menggunakan media
sosial dalam meningkatkan pelanggan.
Collections
- Management [4548]