Pengaruh Daya Tarik Influencer Fadil Jaidi Terhadap Keterlibatan Merek dalam Konsep Diri, Nilai Yang Diharapkan Merek dan Niat Pembelian Terhadap Produk yang Direkomendasikan
Abstract
Kegiatan social media marketing Instagram tidak lepas oleh tindakan influencer dalam
meningkatkan sensibilitas pengikut mereka untuk dipengaruhi. Pemasaran influencer dianggap
sebagai bentuk dukungan dalam menggunakan rekomendasi produk dari influencer tersebut untuk
mendorong penjualan, tetapi tujuan yang dimaksud untuk melibatkan hasil yang jauh lebih luas agar
mendapatkan perhatian pelanggan potensial, menghasilkan efek dari mulut ke mulut, dan
menciptakan keterlibatan pelanggan dengan merek atau produk. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah daya tarik influencer memiliki pengaruh terhadap keterlibatan merek dalam
konsep diri, nilai yang diharapkan merek dan niat membeli terhadap merek yang direkomendasikan.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria
masyarakat Indonesia yang mengetahui influencer Fadil Jaidi. Pengambilan data ini dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form dengan total 220 responden.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa daya tarik influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan
merek dalam konsep diri dan nilai yang diharapkan merek. Meskipun begitu, daya tarik influencer
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap niat membeli merek yang direkomendasikan.
Selanjutnya, keterlibatan merek dalam konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai
yang diharapkan merek dan niat untuk membeli merek yang direkomendasikan. Terakhir, nilai yang
diharapkan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli merek yang
direkomendasikan. Hasil penelitian ini akan berperan dalam menawarkan rekomendasi serta perilaku
konsumen terhadap niat membeli merek berlandaskan pada daya tarik influencer.
Collections
- Management [4560]