PENGARUH KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL TERHADAP BRAND EQUITY DAN BRAND ATTITUDE DALAM MEMBENTUK NIAT BELI PRODUK NIKE
Abstract
Perkembangan media sosial menunjukkan tren baru bahwa perusahaan
menggunakan media social untuk berkomunikasi dan mempromosikan produk.
Dengan menggunakan media social perusahaan dapat berinteraksi dengan
konsumen sehingga komunikasi media sosial yang dibuat oleh perusahaan
dianggap sebagai elemen penting dari bauran promosi perusahaan (Poulis et al.,
2018). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi
media social terhadap ekuitas merek dan sikap merek dalam membentuk niat beli
produk Nike. Penelitian ini menggunakan alat analisis SEM (Structural Equation
Modelling) dengan bantuan software AMOS (Analisis of moment structures)
dengan jumlah sampel sebanyak 223 responden. Hasil dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa firm created content dan user generated content berpengaruh
positif terhadap brand equity, user generated content berpengaruh positif terhadap
brand attitude, sedangkan firm created content tidak berpengaruh secara positif
terhadap brand attitude, kemudian brand equity dan brand attitude berpengaruh
positif terhadap purchase intention. Studi ini mengungkapkan bahwa komunikasi
yang dibuat oleh pengguna lebih berpengaruh pada minat beli melalui ekuitas dan
sikap merek. Dimana ekuitas dan sikap merek merupakan faktor penting dalam
minat beli suatu produk
Collections
- Management [4539]