STRATEGI PT. HARUMAN MULTI ARTHA DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN MELALUI KOMUNIKASI PEMASARAN
View/ Open
Date
2023-11-24Author
Alamsyah, Adinda Viona Aurelia Musdalifah Putri
Metadata
Show full item recordAbstract
PT. Haruman Multi Artha merupakan perusahaan swasta nasional yang
bergerak dalam bidang Developer, Konstruksi, Pengadaan Barang & Jasa,
Rekayasa Engineering, dan Manajemen Properti, yang lebih jelasnya
yaitu merupakan sebuah perusahaan jasa pembangunan rumah tinggal dan
bangunan komersial (ruko, resto, hotel, komplek industri, pergudangan, pabrik)
termasuk wahana rekreasi (theme park), jasa desain interior, jasa pembangunan
infrastruktur, jasa pengembangan lahan atau kavling termasuk pioneer dalam
cluster kavling efektif, serta jual beli properti. PT. Haruman Multi Artha berupaya
melakukan inovasi untuk menarik minat konsumen, yaitu melalui komunikasi
pemasaran.
Komunikasi pemasaran menjadi salah satu bagian yang sangat penting bagi
suatu perusahaan, karena untuk mengelola hubungan komunikasi yang baik
dengan konsumen atau calon konsumen. Komunikasi pemasaran adalah sebuah
bidang ilmu yang menggabungkan antara ilmu komunikasi dengan ilmu
pemasaran, sehingga memunculkan sebuah kajian baru yaitu komunikasi
pemasaran atau marketing communication. Marketing communication adalah
ebuah kegiatan dengan teknik komunikasi yang memiliki tujuan memberikan
informasi perusahaan target pasarnya. Peran komunikasi pemasaran dalam
keputusan pembelian sangat penting, dalam rangka menumbuhkan minat
pembelian konsumen sebelum melakukan pembelian terhadap suatu produk.
Tujuan laporan magang ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi
pemasaran yang meliputi iklan (advertising), promosi penjualan (sales
promotion), hubungan masyarakat (public relations), pemasaran langsung (direct
marketing), penjualan personal (personal selling) terhadap minat beli. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif dengan responden pelanggan di PT. Haruman
Multi Artha berjumlah 60 responden terpilih menggunakan teknik purposive
sampling. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran PT. Haruman
Multi Artha dengan indikator iklan (advertising) rata-rata skor 3,63 (kategori
baik), promosi penjualan (sales promotion) rata-rata skor 3,24 (kategori cukup),
hubungan masyarakat (public relations) rata-rata skor 3,33 (kategori cukup),
pemasaran langsung (direct marketing) rata-rata skor 3,38 (kategori cukup),
penjualan personal (personal selling) rata-rata skor 3,69 (kategori baik), dan
variabel minat beli rata-rata skor 3,47 (kategori tinggi).
Collections
- Management [4565]