STRATEGI PENINGKATAN PEMBELIAN DI PT. HARUMAN MULTI ARTHA MELALUI BAURAN PEMASARAN
Abstract
Strategi pemasaran harus dirancang secara efektif dan efisien, mulai dari
menganalisis kekuatan dan kelemahan usaha pesaing. Kegiatan pemasaran pada
dasarnya berfokus pada produk, penetapan harga, pemilihan tempat dan strategi
promosi sebagai bauran pemasaran. Strategi bauran pemasaran memegang
peranan penting bagi kelangsungan bisnis usaha.
PT. Haruman Multi Artha merupakan perusahaan swasta nasional yang
bergerak dalam bidang Developer, Konstruksi, Pengadaan Barang & Jasa, Rekayasa
Engineering, dan Manajemen Properti. Lebih jelasnya yaitu merupakan sebuah
perusahaan jasa pembangunan rumah tinggal dan bangunan komersial (ruko, resto,
hotel, komplek industri, pergudangan, pabrik) termasuk wahana rekreasi (theme
park), jasa desain interior, jasa pembangunan infrastruktur, jasa pengembangan
lahan atau kavling termasuk pioneer dalam cluster kavling efektif, serta jual beli
properti.
Tujuan laporan magang ini adalah untuk menganalisis strategi peningkatan
pembelian di PT. Haruman Multi Artha melalui bauran pemasaran (marketing
mix) yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif dengan responden pelanggan di PT. Haruman Multi Artha berjumlah 40
responden terpilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data
menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran PT. Haruman Multi
Artha dari variabel produk sebesar 3,37 (cukup), harga sebesar 3,36 (cukup),
distribusi sebesar 3,43 (baik), promosi 3,34 (cukup), dan keputusan pembelian
sebesar 3,48 (baik). Hasil tersebut dapat diartikan bahwa adanya bauran
pemasaran PT. Haruman Multi Artha akan meningkatkan keputusan, kepuasan,
dan loyalitas konsumen dalam pembelian, sehingga nantinya akan berdampak
pada peningkatan kualitas daya saing perusahaan dan pencapaian target
perusahaan PT. Haruman Multi Artha.
Collections
- Management [4552]