PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN PRODUK, DAN KESADARAN HALAL TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL WARDAH
Abstract
Tingginya populasi masyarakat Muslim di Indonesia menyebabkan semakin
tingginya kebutuhan produk yang terjamin kehalalannya. Kebutuhan atas produk
halal tersebut tidak terbatas pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari saja, tetapi
juga berbagai produk lain termasuk kosmetik. Wardah merupakan salah satu merek
produk kecantikan yang menyediakan kosmetik bersertifikasi halal MUI. Merek
kosmetik halal di bawah naungan PT. Paragon Technology and Innovation ini juga
merupakan pelopor kosmetik halal di Indonesia yang telah berhasil mendapatkan
berbagai penghargaan. Kesuksesan Wardah ini tentu tidak lepas dari tingginya
minat masyarakat Muslim terhadap produk kosmetik halal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan pengetahuan produk terhadap minat
pembelian produk kosmetik halal dengan dimediasi oleh kesadaran halal
menggunakan objek penelitian Wardah. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan 166 sampel penelitian yang bertempat tinggal di Indonesia,
beragama Islam, serta menggunakan produk kosmetik halal Wardah. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Teknik analisis
dalam penelitian ini menggunakan analisis SEM yang diolah dengan aplikasi
AMOS versi 24. Hasil analisis melalui SEM AMOS menunjukkan bahwa variabel
religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap variabel pengetahuan produk.
Kemudian, variabel religiusitas berpengaruh positif terhadap variabel kesadaran
halal. Lalu variabel pengetahuan produk diperoleh hasil yang tidak signifikan dalam
mempengaruh variabel kesadaran halal. Selanjutnya, variabel pengetahuan produk
dan kesadaran halal memberikan pengaruh positif signifikan terhadap variabel
minat beli. Sementara itu, variabel religiusitas menunjukkan pengaruh yang tidak
signifikan dalam mempengaruhi variabel minat beli.
Collections
- Management [4574]