Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Malcolm Baldrige National Quality Award
Abstract
Perkembangan dunia bisnis yang semakin kompetitif menyebabkan perubahan besar yang
luar biasa dalam persaingan, produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, dan
penanganan transaksi antara perusahaan dengan pelanggan dan perusahaan dengan
perusahaan lain. Persaingan yang bersifat global dan tajam menyebabkan terjadinya
penurunan laba yang diperoleh perusahaan-perusahaan yang memasuki persaingan tingkat
dunia. Perubahan-perubahan tersebut mendorong perusahaan untuk mempersiapkan dirinya
agar bisa diterima di lingkungan global. Keadaan ini memaksa manajemen untuk berupaya
menyiapkan, menyempurnakan ataupun mencari strategi baru yang menjadikan perusahaan
mampu bertahan dan berkembang dalam persaingan tingkat dunia. Sebagai salah satu
perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa di kota Balikpapan, PT. Almazen
bersaing dengan perusahaan pelayanan jasa lainnya. Persaingan ini, mengharuskan PT.
Almazen untuk terus meningkatkan performansi dan kinerja perusahaannya. Kinerja
perusahaan perlu diukur dan dinilai untuk melihat sejauh mana kinerja perusahaan saat ini
dan melihat kelemahan-kelemahan perusahaan untuk kemudian diperbaiki, sehingga
perusahaan secara terus menerus dapat berkembang dan bersaing dengan perusahaan
lainnya. Penilaian ini dilakukan pada PT. Almazen yang ada di daerah Balikpapan. Metode
yang digunakan untuk analisis yaitu Malcolm Baldrige National Quality Awards yang
terdiri dari 7 kategori yaitu Leadership, Starategic Planning, Customer Focus,
Measurement Analysis & Management Knowledge, Workforce Focus, Process
Management dan Results. Hasil dari penilaian tersebut, perusahaan mendapatkan skor
645,04 poin dari nilai maksimal yaitu 1000 poin. Hal ini menunjukkan perusahaan PT.
Almazen mendapatkan predikat Global Avarage dan termasuk kedalam kategori Emerging
Industry Leader.
Collections
- Industrial Engineering [2235]