ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PERUSAHAAN (Studi Pada Brand Erigo di Marketplace Shopee)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan
kualitas produk secara parsial maupun simultan terhadap kinerja operasional Brand
Erigo di Marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan
kuesioner yang disebarkan pada saat penelitian. Adapun metode analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa; 1) Inovasi produk memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap kinerja operasional brand Erigo di marketplace Shopee. Artinya, dengan
melakukan pengembangan atribut produk baru, mengembangkan berbagai tingkat
kualitas dan mengembangkan model dan ukuran produk (product profiling) maka
akan membangkitkan dan meningkatkan kinerja operasional, sehingga kinerja
operasional semakin efektif dan efisien; 2) Kualitas produk memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap kinerja operasional brand Erigo di marketplace Shopee.
Artinya dengan memperhatikan kualitas produk yang terdiri dari performance,
durability, conformance to specifications, features, reliability, aesthetics dan
impression quality (persepsi kualitas) maka akan membangkitkan dan
meningkatkan kinerja operasional, sehingga kinerja operasional semakin efektif
dan efisien; 3) Inovasi produk dan kualitas produk memiliki pengaruh secara
bersama-sama terhadap kinerja operasional pada brand Erigo di marketplace
Shopee. Dalam artian jika inovasi produk dan kualitas produk efektif, maka kinerja
operasional akan meningkat dan ini akan menguntungkan perusahaan.
Collections
- Management [4576]