PENGARUH ELECTRONIC-WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION BRAND SOMETHINC MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE
Abstract
Platform ecommerce telah mengambil peran yang semakin sentral dalam elektronik
word-of-mouth (eWOM) pada industri kecantikan di Indonesia khususnya
pengguna skincare. Studi ini mengembangkan kerangka penelitian komprehensif
yang berfokus pada eWOM dengan menggunakan model IAM (Information
Adaption Model) menggunakan persuasi informasi dalam kaitannya dengan
pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan
sampel sebanyak 160 responden. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis
SEM (Structural Equational Modeling) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa eWOM usefulness dan eWOM credibility
berpengaruh signifikan terhadap eWOM Adoption, eWOM adoption berpengaruh
signifikan terhadap Purchase intention. Serta eWOM Adoption mampu memediasi
pengaruh eWOM Usefulness dan eWOM Credibility terhadap purchase intention.
Peneliti berharap temuan penelitian ini dapat memberikan beberapa saran kepada
produk skincare lainnya yang berada di marketplace khususnya brand somethinc
untuk lebih baik lagi mengelola brand serta produk mereka untuk tujuan
menyajikan informasi yang berguna kepada konsumen.
Collections
- Management [4574]