PENERAPAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION MELALUI INTERNET OF THINGS DALAM PROGRAM PEMASARAN CLOSING QUALITY AGENT (STUDI KASUS DI PT. REGAR SPORT INDONESIA)
Abstract
PT. Regar Sport Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak pada
bidang industri garmen yang sudah cukup besar di Jawa Tengah. Saluran distribusi
yang dilakukan perusahaan untuk menyampaikan produknya kepada konsumen
melalui beberapa jaringan dibawahnya seperti cabang, agen, dan reseller.
Pengelolaan pemasaran pada perusahaan ini berada pada manajemen pusat yang
juga mengelola seluruh jaringan yang tergabung dalam Regar Sport. Pengelolaan
jaringan yang dilakukan perusahaan menggunakan sistem yang memanfaatkan
internet sebagai forum untuk berinteraksi dalam seluruh mekanisme perusahaan.
Tim pemasaran yang mengelola jaringan ini berhasil mendapatkan hampir ratusan
ribu jaringan yang berkerja sama dalam mendistribusikan produk, akan tetapi dari
banyaknya jaringan banyak yang tidak aktif dan menjadi jaringan pasif. Jaringan
yang pasif ini mendorong perusahaan melakukan program Closing Quality Agent
yang mana agen diberikan syarat untuk memenuhi slot dengan cara mencari reseller
agar akunnya tidak terhapus. Permasalahan yang terjadi adalah kurang cepatnya
validasi reseller yang masih di validasi oleh tenaga manusia sehingga pending
mapping terjadi dan membuat reseller kesulitan dalam memasukkan antrian slot Pre
Order. Integrated Marketing Communication dalam konsep Internet of Things
diharapkan bisa membantu perusahaan dalam mengoptimalkan kefektifan sistem
dengan memvalidasi dengan mapping reseller secara otomatis kepada jalur yang
pantas mendapatkan reseller tersebut.
Collections
- Management [4555]