Pengaruh Kepuasan dan Loyalitas terhadap Niat Pembelian Kembali pada Social Commerce Berbasis Social Exchange Theory
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menemukan bukti pengaruh dari
kepuasan dan loyalitas terhadap niat pembelian kembali pada social commerce
melalui teori pertukaran sosial. Penelitian ini berfokus pada lima variabel yaitu
reputasi, kualitas informasi, kepuasan, loyalitas, dan niat pembelian kembali.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konsep kepuasan yang belum optimal dalam
membentuk niat pembelian kembali. Loyalitas menjadi aspek kebaruan dalam
penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif.
Penelitian ini didukung dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner secara
online. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer sebanyak 219
responden. Analisis pengolahan data menggunakan metode Sturctural Equation
Modelling (SEM) dan didukung dengan software SPSS 25 dan IBM AMOS 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas dan niat pembelian kembali di social commerce. Hasil penelitian juga
menemukan bahwa loyalitas tidak berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian
kembali. Kepuasan menjadi faktor penting bagi seorang pengguna untuk memiliki
niat untuk melakukan pembelian kembali di tempat yang sama. Hal tersebut
dipengaruhi oleh adanya reputasi yang baik dan informasi berkualitas yang
diberikan oleh social commerce.
Collections
- Management [4587]