Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sikap Konsumen dalam Berbelanja Online di Shopee
Abstract
Relevansi e-commerce meningkat karena konsumen terus beralih ke saluran digital.
Kebutuhan untuk mengatasi dan memenuhi perubahan di pasar ini telah menjadi perhatian
bisnis. Mengidentifikasi faktor-faktor yang secara signifikan memengaruhi perilaku belanja
online sangat penting untuk lebih memahami perilaku konsumen dalam transisi pasar ini.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam aktivitas
belanja online Penelitian ini membahas bagaimana keunggulan relatif memiliki pengaruh
positif yang signifikan terhadap kepercayaan, tingkat e-WOM yang lebih positif akan
menghasilkan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi di antara pembeli, fungsi promosi
berpengaruh positif terhadap kepercayaan dan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi akan
menghasilkan sikap yang lebih positif terhadap situs web belanja online. Dalam penelitian ini
menghasilkan hasil penelitian bahwa keunggulan relatif (Relative Advantage) memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belanja online (online shopping attitude).
Electronic word of mouth (EWOM) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
perilaku belanja online (online shopping attitude). Promosi (promotion) memiliki pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap perilaku belanja online (online shopping attitude).
Kepercayaan (trust) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku belanja
online (online shopping attitude).
Collections
- Management [4576]