Analisis Kualitas Pelayanan AK-1 Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas pelayanan AK-1 yang terdapat
pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan selama Covid-19 terhadap perubahan
sistem pendaftarannya berdasarkan indikator Tangible (berwujud), Reliability
(kehandalan), Responsiveness (ketanggapan), Assurance (jaminan), dan Emphaty
(empati). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat penerima
layanan AK-1 oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan sebanyak 60
responden guna mengetahui kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang ada pada Dinas
Ketenagakerjaan Kota Balikpapan sudah memenuhi kriteria pelayanan baik
berdasarkan lima indikator tersebut namun belum maksimal. Masih ditemukan
kendala seperti masyarakat yang belum mengetahui adanya perubahan pelayanan
yang sebelumnya offline menjadi online, kesulitan dalam melakukan registrasi
melalui website, dan hambatan yang terjadi pada saat proses upload berkas ke
website pendaftaran. Selain itu juga masih terdapat beberapa sifat karyawan yang
melayani belum memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat. Solusi yang
dilakukan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan selalu berupaya dalam
memberikan solusi kepada masyarakat dengan cara selalu mendampingi para
pencari kerja dan menyediakan video tutorial bagi masyarakat yang masih belum
paham mengenai mekanisme alur pembuatan kartu pencari kerja secara online
melalui website dan melakukan pelatihan bagi karyawan khususnya bagi pelayanan
dalam hal manner dan public speaking.
Collections
- Management [4534]