Pengaruh Kualitas Layanan Internal Sebagai Penggerak Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Ciamis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaruh kualitas
layanan internal sebagai penggerak kepuasan kerja dan komitmen organisasional
terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta
Galuh Ciamis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus dengan
jumlah 52 responden yang merupakan karyawan di perusahaan PDAM Tirta Galuh
Ciamis. Alat uji analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah SmartPLS v.3.0
dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan internal mempunyai
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, dan berefek positif
terhadap komitmen organisasional. Kepuasan kerja memiliki efek positif dan
signifikan terhadap kinerja karyawan, dan komitmen organisasional memiliki efek
signifikan terhadap kinerja karyawan. Kualitas layanan internal memiliki efek
positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai
variabel mediasi. Kualitas layanan internal juga memiliki efek positif yang
signifikan terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasional sebagai
variabel mediasi.
Collections
- Management [4703]