PENGARUH ATRIBUT PRODUK MINUMAN TEH DALAM KEMASAN TERHADAP NILAI YANG DITERIMA KONSUMEN DAN MINAT PEMBELIAN ULANG
Abstract
Semakin ketatnya persaingan di pasar teh kemasan mendorong pelaku
usaha untuk menciptakan keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh atribut produk terhadap nilai yang diterima konsumen dan
minat pembelian ulang produk teh kemasan di Indonesia. Populasi yang
digunakan ialah orang yang pernah membeli dan mengonsumsi teh kemasan. Data
yang digunakan dalam penelitian ialah data primer dimana menggunakan
kuisioner online dengan 166 responden. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini yaitu convenience sampling. Analisis dilakukan dengan metode
SEM dan diolah menggunakan program aplikasi AMOS versi 22.0.
Data variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain atribut
intrinsik, atribut ekstrinsik, nilai utilitarian, nilai hedonis, dan minat pembelian
ulang. Variabel-variabel ini membentuk delapan hipotesis. Hasil dari analisis data
menunjukkan atribut produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
nilai yang diterima konsumen dan minat pembelian ulang produk. Dengan kata
lain, atribut produk dapat mempengaruhi minat pembelian ulang secara langsung
dan tidak langsung (melalui variabel nilai yang diterima konsumen).
Collections
- Management [4703]