MINAT BELI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP PRODUK BERLABEL HALAL DAN TIDAK MEMILIKI SERTIFIKAT HALAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari pengetahuan,
kualitas produk, dan sikap terhadap minat beli konsumen muslim pada produk
Mamahke Jogja. Populasi yang ditetapkan pada penelitian ini adalah responden
muslim yang mengetahui produk Mamahké namun belum pernah membeli produk
Mamahké Jogja. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah pengikut (followers)
instagram @mamahkejogja dan @zaskiadyamecca. Data yang digunakan adalah
data primer yang didistribusikan kepada 166 responden melalui kuesioner online
dan sampel diperoleh menggunakan teknik conveniece sampling. Alat analisis
yang digunakan adalah structural equation modeling (SEM) yang diolah AMOS
22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap memiliki pengaruh langsung
yang dominan terhadap minat beli. Pengetahuan dan kualitas juga memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap dan minat beli. Sehingga,
penelitian ini dapat memberikan wawasan yang penting bagi produsen dan
pemasar untuk memahami perspektif konsumen muslim mengacu pada kehalalan
produk dengan pencantuman sertifikat halal disetiap produknya.
Collections
- Management [4545]