Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Merangin Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Kabupaten Merangin
Abstract
Kabupaten Merangin merupakan salah satu kabupaten yang berada di
Provinsi Jambi. Potensi-potensi yang ada di Kabupaten Merangin memang tidak
bisa di anggap sebelah mata, dengan luas wilayah yang luas Kabupten Merangin
memiliki berbagai macam produk-produk wisata. Mulai dari produk objek wisata
alam dan budaya, tradisi dan seni, serta produk kuliner. Sehingga untuk dapan
meningkatkan kepariwisataan di Kabupaten Merangin, Dinas Pariwisata Pemuda
dan Olahraga Kabupaten Merangin memiliki beberapa strategi untuk
mempromosikan pariwisata di wilayah Merangin.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana
strategi komunikasi pemasaran yang di gunakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda
dan Olahraga Kabupaten Merangin dalam mempromosikan kepariwisataan di saat
masa pandemic, serta untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung
dan faktor penghambat dalam proses pengaplikasian strategi-strategi yang
rencanakan. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah
metode pendekatan kualitatif. Dimana penelitian ini dilaksanakan dengan cara
melakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada narasumber yang
memang ikut andil dalam aktivitas komunikasi pemasaran dan promosi
kepariwisataan di Kabupaten Merangin. Setelah melakukan observasi, selanjutnya
peneliti melakukan analisis data dari hasil data-data yang ditemukan di lapangan.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata, Pemuda dan
Olahraga Kabupaten Merangin dalam mempromosikan produk-produk pariwisata
telah mengaplikasikan elemen bauran pemasaran (marketing mix) dan bauran
promosi (promotion mix). Dimana penerapan elemen tersebut dapat dilihat dari
penggunaan media luar ruangan, media cetak, media elektronik online,
penggunaan media sosial, both-both pada event, penyelenggaraan event. Faktor
pendukung yang dimiliki oleh Disparpora Kabupaten Merangin adalah memiliki
RIPPARKAB 2021-2025, melakukan kerjasama dengan pihak UGGp Lombok
dan Himpunan Hotel dan Restoran Indonesia dalam rangka peningkatan
kepariwisataan dan pemasaran, serta memiliki wisata unggulan Geopark yang
sudah di daftarkan ke UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Untuk
faktor penghambatnya adalah dengan kemajuan teknologi dan informasi, tentu
menambah persaingan pariwisata terutama dalam hal promosi dan pemasaran.
Sehingga Disparpora Merangin di harapkan mampu bersaing dengan daerahdaerah
lain
supaya
dapat
bersaing di
ranah
pariwisata.
Collections
- Communication [964]