Show simple item record

dc.contributor.authorM. FIKRI AG
dc.date.accessioned2023-05-22T02:32:24Z
dc.date.available2023-05-22T02:32:24Z
dc.date.issued2022-12
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44502
dc.description.abstractKabupaten Merangin merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jambi. Potensi-potensi yang ada di Kabupaten Merangin memang tidak bisa di anggap sebelah mata, dengan luas wilayah yang luas Kabupten Merangin memiliki berbagai macam produk-produk wisata. Mulai dari produk objek wisata alam dan budaya, tradisi dan seni, serta produk kuliner. Sehingga untuk dapan meningkatkan kepariwisataan di Kabupaten Merangin, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin memiliki beberapa strategi untuk mempromosikan pariwisata di wilayah Merangin. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang di gunakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin dalam mempromosikan kepariwisataan di saat masa pandemic, serta untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pengaplikasian strategi-strategi yang rencanakan. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Dimana penelitian ini dilaksanakan dengan cara melakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada narasumber yang memang ikut andil dalam aktivitas komunikasi pemasaran dan promosi kepariwisataan di Kabupaten Merangin. Setelah melakukan observasi, selanjutnya peneliti melakukan analisis data dari hasil data-data yang ditemukan di lapangan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin dalam mempromosikan produk-produk pariwisata telah mengaplikasikan elemen bauran pemasaran (marketing mix) dan bauran promosi (promotion mix). Dimana penerapan elemen tersebut dapat dilihat dari penggunaan media luar ruangan, media cetak, media elektronik online, penggunaan media sosial, both-both pada event, penyelenggaraan event. Faktor pendukung yang dimiliki oleh Disparpora Kabupaten Merangin adalah memiliki RIPPARKAB 2021-2025, melakukan kerjasama dengan pihak UGGp Lombok dan Himpunan Hotel dan Restoran Indonesia dalam rangka peningkatan kepariwisataan dan pemasaran, serta memiliki wisata unggulan Geopark yang sudah di daftarkan ke UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Untuk faktor penghambatnya adalah dengan kemajuan teknologi dan informasi, tentu menambah persaingan pariwisata terutama dalam hal promosi dan pemasaran. Sehingga Disparpora Merangin di harapkan mampu bersaing dengan daerahdaerah lain supaya dapat bersaing di ranah pariwisata.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Merangin Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Kabupaten Meranginen_US
dc.Identifier.NIM18321205


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record