Business Plan And Implementation Report On Culinary Business Rendang Ratu
Abstract
Tulisan ini dibuat dengan tujuan untuk membandingkan hasil implementasi bisnis
Rendang Ratu dengan perencanaan yang telah dirancang sebelumnya pada tahun 2022.
Bisnis ini dibuat dengan mempertimbangkan data rata-rata konsumsi daging sapi
masyarakat Indonesia yang cenderung statis dalam kurun waktu lima tahun terakhir dari
tahun 2015 hingga 2021, sehingga berdampak pada rendahnya asupan protein hewani di
masyarakat, terutama untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Padahal, protein
hewani yang berasal dari daging merupakan sumber pangan yang sangat baik untuk
pertumbuhan manusia, dimana protein ini melengkapi asam amino yang menjadi
kebutuhan primer sekaligus investasi gizi dalam menjaga kesehatan jangka panjang. Dari
kondisi ini, tingginya permintaan konsumsi daging menjadi peluang untuk
mengembangkan bisnis dalam menghindari harga daging yang fluktuatif dan juga
meningkatkan jumlah konsumsi daging di Indonesia, terutama pada masakan daging
tradisional Indonesia. Rendang adalah masakan tradisional Minang yang terbuat dari
daging. Rendang Ratu adalah bisnis Makanan dan Minuman yang mengkhususkan diri
pada produk olahan daging yang dibuat dengan rempah-rempah asli Sumatera Barat.
Untuk itu, metodologi yang digunakan adalah dengan melihat hasil rancangan bisnis,
apakah terealisasi dengan baik atau memunculkan perbedaan selama proses
implementasi. Selanjutnya perbedaan yang ditemukan menjadi objek yang diselesaikan
dengan mengacu pada teori-teori manajemen pemasaran. Hasil dari implementasi bisnis
ini terealisasi dengan baik, meskipun terdapat beberapa kesenjangan yang telah
diselesaikan dengan solusi yang mengacu pada teori-teori manajemen pemasaran. Untuk
selanjutnya, berdasarkan hasil pengamatan dan peluang yang ada, maka pengembangan
usaha akan dibentuk dengan memperluas layanan produk dengan menyediakan daging
olahan lainnya. Dengan demikian, produk yang dihasilkan dapat lebih bervariasi, dan
target pasar yang dituju dapat lebih luas.
Collections
- Management [4550]