Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Preferensi Merek Dan Niat Beli Ponsel Merek Samsung Di Indonesia
Abstract
Ponsel pintar saat ini sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, menimbulkan persaingan antar merek ponsel
pintar, dan setiap konsumen memiliki pilihan akan ponsel pintar yang disajikan oleh merek -merek
tersebut. Salah satu merek ponsel yang banyak dijadikan pilihan oleh konsumen yaitu Samsung.
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan merek, nilai yang
dirasakan terhadap preferensi merek dan niat beli ponsel Samsung di Indonesia. Populasi yang
digunakan pada penelitian ini yakni masyarakat Indonesia yang pernah atau sedang menggunakan
ponsel merek Samsung. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan
jumlah sebanyak 200 responden. Penelitian juga menggunakan Teknik pengambilan sampel berjenis
convenience sampling serta metode analisis yang digunakan ialah Structural Equation Modelling
(SEM), yang mana kemudian diolah menggunakan program Analysis of Moment Structure (AMOS)
versi 24.0. Pada hasil penelitian ini, ditunjukkan bahwa terdapat 5 hipotesis yang signifikan dan 1
hipotesis dinyatakan tidak signifikan. Kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap preferensi
merek dan niat beli. Nilai yang dirasakan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek dan niat
beli. Serta, preferensi merek berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Sedangkan nilai yang dirasakan
tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi merek.
Collections
- Management [4703]