Dampak Strategi Pemasaran Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Pada Tiktok Live
Abstract
Belanja siaran langsung sebagai bentuk baru perdagangan sosial yang semakin
populer di kalangan konsumen Indonesia, terutama sejak pandemi COVID-19.
Namun penelitian tentang perdagangan sosial siaran langsung masih dalam tahap
awal. Studi ini menyoroti perilaku pembelian impulsif dalam TikTok Live.
Berdasarkan teori stimulus-organism-response (SOR), penelitian ini
memperkenalkan strategi pemasaran berupa 3 elemen ritel “People-ProductPlace”
pada
perdagangan
sosial
siaran
langsung
dari
perspektif
persepsi
konsumen
dan
bertujuan untuk memahami dampak strategi pemasaran terhadap perilaku
pembelian impulsif pada konsumen TikTok Live dan menguji efek mediasi dari
keterlibatan. Penelitian ini menggunakan analisis SEM-AMOS dengan metode
purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 170 responden
yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pengguna TikTok Live
yang memiliki pengalaman belanja. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari atribut
anchor tiktok yang dirasakan, strategi kelangkaan, imersi, perilaku pembelian
impulsif, dan keterlibatan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh
positif dan signifikan pada hubungan variabel antara atribut anchor tiktok yang
dirasakan terhadap perilaku pembelian impulsif, strategi kelangkaan yang dirasakan
terhadap keterlibatan, imersi terhadap keterlibatan, keterlibatan terhadap perilaku
pembelian impulsif, keterlibatan memediasi antara strategi kelangkaan yang
dirasakan dengan perilaku pembelian impulsif, dan keterlibatan memediasi antara
imersi dengan perilaku pembelian impulsif. Lalu terdapat hubungan pengaruh
negatif dan tidak signifikan pada variabel atribut anchor tiktok yang dirasakan
terhadap keterlibatan dan keterlibatan memediasi antara attribut anchor tiktok yang
dirasakan dengan perilaku pembelian impulsif. Terakhir, adanya pengaruh positif
namun tidak signifikan pada hubungan variabel antara strategi kelangkaan yang
dirasakan terhadap perilaku pembelian impulsif dan imersi terhadap perilaku
pembelian impulsif. Temuan makalah ini memberikan saran kepada pengecer
online untuk lebih berfokus dalam meningkatkan keterlibatan yang diciptakan oleh
anchor yang akhirnya membuat mereka melakukan pembelian secara impulsif.
Collections
- Management [4576]