Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Melalui Platform Zoom Meeting Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia
Abstract
Pandemi Covid-19 berpengaruh pada berbagai sektor salah satunya sektor
pendidikan sehingga seluruh pembelajaran yang dilakukan secara online. Namun
pembelajaran secara online kurang efektif karena memiliki banyak kendala
diantaranya adalah kendala jaringan dan pengajaran yang terfokus pada dosen
sehingga tidak terjadi komunikasi dua arah. Rumusan masalah penelitian ini
adalah 1) Apakah pembelajaran melalui platform Zoom Meeting di masa pandemi
Covid-19 efektif untuk dilakukan? 2) Apakah kendala pembelajaran melalui
platform zoom dalam kuliah daring dimasa pandemi Covid-19?. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas komunikasi
platform zoom dalam kuliah daring di masa pandemi Covid-19 dan kendala
komunikasi pembelajaran melalui platform zoom dalam kuliah daring dimasa
pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif
dilangsungkan guna mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran yang dijalankan
secara daring dengan aplikasi Zoom Meeting. Berdasarkan penelitian yang telah
dilangsungkan, diketahui bahwa perkuliahan online melalui platform Zoom
Meeting efektif untuk dilakukan karena dapat dilakukan dengan lancar,
mahasiswa memiliki media yang mumpuni, dosen dapat menyampaikan materi
dengan baik, dan terjalinnya interaksi yang baik saat pembelajaran daring
dilakukan. Adapun beberapa kendala pembelajaran melalui platform Zoom
Meeting adalah mahasiswa kurang semangat, tidak fokus karena mengantuk,
zoom sambil membuka hp dan mengerjakan hal lain, sebagian mahasiswa yang
menganggap pembelajaran dengan Zoom Meeting adalah hal yang sepele, dosen
terlihat cuek, beberapa dosen kurang kreatif (karena hanya sekedar membacakan
power point) dan tidak ada interaksi lainnya, kendala sinyal, keterbatasan materi
untuk membeli kuota/perangkat pendukung, kondisi fisik dan kesehatan mental
yang kurang baik, mahasiswa merasa kelelahan saat melakukan pembelajaran via
zoom meeting, banyak mata kuliah yang seharusnya melakukan praktik di lab,
barang ada tugas, mahasiswa cukup sulit untuk dapat memahami materi yang di
sampaikan oleh dosen bahkan seringkali salah paham dengan penjelasan Dosen,
banyak mahasiswa yg tidak memperhatikan, mahasiswa kurang ada interaktif
kepada dosen, tidak efektif karena bisa off cam, suasana dalam kelas online tidak
se menarik kelas offline, gadget kurang mendukung.
Collections
- Communication [944]