Show simple item record

dc.contributor.authorDINDA SAARAH SALSABILA
dc.date.accessioned2023-05-16T04:15:17Z
dc.date.available2023-05-16T04:15:17Z
dc.date.issued2022-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44401
dc.description.abstractPandemi Covid-19 berpengaruh pada berbagai sektor salah satunya sektor pendidikan sehingga seluruh pembelajaran yang dilakukan secara online. Namun pembelajaran secara online kurang efektif karena memiliki banyak kendala diantaranya adalah kendala jaringan dan pengajaran yang terfokus pada dosen sehingga tidak terjadi komunikasi dua arah. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apakah pembelajaran melalui platform Zoom Meeting di masa pandemi Covid-19 efektif untuk dilakukan? 2) Apakah kendala pembelajaran melalui platform zoom dalam kuliah daring dimasa pandemi Covid-19?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas komunikasi platform zoom dalam kuliah daring di masa pandemi Covid-19 dan kendala komunikasi pembelajaran melalui platform zoom dalam kuliah daring dimasa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dilangsungkan guna mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran yang dijalankan secara daring dengan aplikasi Zoom Meeting. Berdasarkan penelitian yang telah dilangsungkan, diketahui bahwa perkuliahan online melalui platform Zoom Meeting efektif untuk dilakukan karena dapat dilakukan dengan lancar, mahasiswa memiliki media yang mumpuni, dosen dapat menyampaikan materi dengan baik, dan terjalinnya interaksi yang baik saat pembelajaran daring dilakukan. Adapun beberapa kendala pembelajaran melalui platform Zoom Meeting adalah mahasiswa kurang semangat, tidak fokus karena mengantuk, zoom sambil membuka hp dan mengerjakan hal lain, sebagian mahasiswa yang menganggap pembelajaran dengan Zoom Meeting adalah hal yang sepele, dosen terlihat cuek, beberapa dosen kurang kreatif (karena hanya sekedar membacakan power point) dan tidak ada interaksi lainnya, kendala sinyal, keterbatasan materi untuk membeli kuota/perangkat pendukung, kondisi fisik dan kesehatan mental yang kurang baik, mahasiswa merasa kelelahan saat melakukan pembelajaran via zoom meeting, banyak mata kuliah yang seharusnya melakukan praktik di lab, barang ada tugas, mahasiswa cukup sulit untuk dapat memahami materi yang di sampaikan oleh dosen bahkan seringkali salah paham dengan penjelasan Dosen, banyak mahasiswa yg tidak memperhatikan, mahasiswa kurang ada interaktif kepada dosen, tidak efektif karena bisa off cam, suasana dalam kelas online tidak se menarik kelas offline, gadget kurang mendukung.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleEfektivitas Komunikasi Pembelajaran Melalui Platform Zoom Meeting Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.Identifier.NIM18321147


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record