Anteseden Niat Pembelian Online Terhadap Produk Perawatan Kulit Merek Skintific Pada Platform Social Commerce Tiktok Shop
Abstract
Popularitas sosial media mampu mendorong terciptanya strategi berbisnis
online yang berbeda dengan mengkolaborasikan urgensi interaksi sosial dan
transaksi komersial secara simultan melalui perdagangan di jejaring sosial yang
disebut social commerce. Platform ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga
beberapa peneliti mencoba mengungkapkan faktor-faktor yang mampu memicu
niat pembelian online melalui social commerce, seperti interaksi sosial, keamanan
transaksi, keterikatan konsumen, dan kepercayaan online. Namun, hasilnya masih
terdapat inkonsistensi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi
kesenjangan tersebut dengan meneliti faktor pemicu niat pembelian online melalui
social commerce dan menguji lebih lanjut peran kepercayaan online sebagai
mediator hubungan tersebut dalam social commerce. Terdapat 217 sampel
penelitian dari pengguna aplikasi TikTok yang familiar dengan merek Skintific
melalui survei online dan dianalisis menggunakan SPSS dan PLS-SEM dengan
perangkat SmartPLS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa keamanan transaksi,
keterikatan konsumen, dan kepercayaan online berpengaruh positif dan signifikan
terhadap niat pembelian online melalui social commerce. Di sisi lain, tidak terdapat
hubungan positif langsung antara faktor interaksi sosial dengan niat pembelian
online. Selain itu, kepercayaan online dapat menjadi mediator dalam hubungan
antara interaksi sosial dan keterikatan konsumen terhadap niat pembelian online
dalam konteks social commerce. Studi ini berkontribusi dalam memperkaya
literatur pemasaran terkait niat pembelian online melalui social commerce. Studi
ini juga merekomendasikan manajer pemasaran untuk mengelola faktor krusial
yang dapat memengaruhi keputusan pembelian online konsumen potensial untuk
meningkatkan penjualan.
Collections
- Management [4550]