Pengaruh Aktivitas Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Minat Penggunaan Berkelanjutan, Minat Partisipasi, dan Minat Pembelian Produk
Abstract
Seiring perkembangan teknologi dan komunikasi, interaksi online antarpengguna
media sosial dapat membangun dan menambah ruang pemasaran yang lebih luas
bagi pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Melalui media sosial pelaku
usaha dapat membuat, mengubah dan berbagi informasi, perspektif, opini,
wawasan, hubungan dan koneksi yang telah dihasilkan oleh pengguna media
sosial. Ketika nilai merupakan faktor kunci bagi konsumen menentukan pilihan
serta perilaku (minat penggunaan berkelanjutan, minat partisipasi, serta minat
pembelian konsumen), maka penting bagi pelaku usaha meningkatkan efek
aktivitas pemasaran melalui media sosial (identifikasi sosial, nilai yang dirasakan,
dan kepuasan) untuk menjangkau konsumen potensial. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh aktivitas pemasaran melalui media
sosial terhadap minat penggunaan berkelanjutan, minat partisipasi, serta minat
pembelian konsumen melalui mediasi identifikasi sosial, nilai yang dirasakan, dan
kepuasan. Penelitian ini menggunakan SEM dengan program software AMOS 22.
Sampel yang digunakan adalah sebanyak 202 responden. Ada pun hasil dari
penelitian ini membuktikan bahwa aktifitas pemasaran melalui media sosial
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan
berkelanjutan, minat partisipasi serta minat pembelian produk dengan moderator
identifikasi sosial, nilai yang dirasakan dan kepuasan yang juga mendorong secara
positif pengaruh aktivitas pemasaran melalui media sosial.
Collections
- Management [4703]