ANTECEDENTS OF BEHAVIORS IN USING ONLINE FOOD DELIVERY USING GO-FOOD
Abstract
nternet menjadi salah satu media yang berkembang pesat di Indonesia
membuat masyarakat memiliki kecenderungan untuk melakukan berbagai aktivitas
melalui internet dan aplikasi pendukung lainnya. Perkembangan teknologi
informasi membuat perubahan gaya hidup masyarakat di era ini. Beberapa orang
lebih suka menggunakan toko online karena memberikan motivasi kemudahan dan
nilai ekonomis yang lebih baik daripada belanja tradisional. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk menganalisis bagaimana anteseden motivasi kenyamanan dan
kegunaan pasca penggunaan serta beberapa faktor lain terhadap Sikap Layanan
Pengiriman Makanan Online dan Niat Perilaku Layanan Pengiriman Makanan
Online, dengan studi kasus layanan aplikasi mobile Go– Pengguna makanan. Go-
Food merupakan fitur layanan yang disediakan oleh Gojek yang menyediakan
layanan pesan antar makanan. Sampel penelitian ini adalah pengguna layanan Go-
Food di berbagai wilayah di Yogyakarta yang sudah didukung oleh wilayah layanan
Go-Food. Inovasi teknologi dan informasi di bidang ekonomi dinilai penting. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa sikap dan niat berperilaku terhadap aplikasi Go-
Food ditentukan oleh persepsi kegunaan, sedangkan kegunaannya dipengaruhi oleh
faktor-faktor eksternal seperti motivasi hedonis dan orientasi hemat waktu. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mempelajari dan menganalisis faktor-faktor
pendorong kepercayaan dalam penggunaan fitur Go-Food pada masyarakat kota
Yogyakarta
Collections
- Management [4548]