PENGARUH INTERNET ADVERTISING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PERSEPSI DAN NIAT BELI PADA TOKO ONLINE
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Internet Advertising dan Electronic Word of
Mouth terhadap Persepsi Nilai, Persepsi Risiko, dan Niat Beli pada Toko Online. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh internet advertising terhadap
electronic word of mouth, pengaruh internet advertising dan electronic word of mouth
terhadap perceived value, pengaruh internet advertising dan electronic word of mouth
terhadap perceived risk, dan pengaruh perceived value dan perceived risk terhadap niat
beli pada toko online. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas
Islam Indonesia yang belum menggunakan toko online, sebanyak 166 orang. Responden
diambil dengan menggunakan metode convenience sampling dengan memilih sampel
yang dapat mengisi google form. Anlisis data menggunakan metode analisis deskriptif,
analisis regresi, uji asumsi klasik, dan uji determinan. Uji asumsi klasik yang digunakan
terdiri dari uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, uji normalitas data dan uji linieritas.
Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05).
Hasil dari pengujian hipotesis ditemukan bahwa internet advertising berpengaruh
positif dan signifikan terhadap electronic word of mouth. Internet advertising dan
electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived value.
Internet advertising dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan
terhadap perceived risk. Perceived value dan perceived risk positif dan signifikan
mempengaruhi niat beli.
Collections
- Management [4565]