Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing dan Implikasinya terhadap Kinerja pada UKM Perak di Yogyakarta
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Perusahaan dan Keunggulan
Bersaing sebagai variabel mediasinya. Dalam penelitian ini UKM Perak di Daerah
Istimewa Yogyakarta di sini sebagai populasi dan mengambil 120 responden
sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, di mana
teknik ini lebih tepat, efektif, dan efisien apabila digunakan oleh para peneliti
khususnya penelitian yang membutuhkan kriteria khusus dalam memecahkan suatu
masalah penelitian, sehingga penelitian ini dapat memenuhi tujuan dan hasil yang
lebih nyata. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan Structural Equation
Modeling (SEM). Penelitian ini menemukan adanya pengaruh positif dari Inovasi
Produk dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Perusahaan yang dimediasi oleh
Keunggulan Bersaing. Hasil dari temuan penelitian ini sangat relevan dan
bermanfaat bagi pelaku usaha perak ketika perusahaannya melakukan Orientasi
Pasar secara menyeluruh dan terus melakukan Inovasi Produk untuk menambah
Keunggulan Bersaing pada produknya, sehingga Kinerja Perusahaan juga akan
terus meningkat.
Collections
- Management [4548]