PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage dan ukuran
perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel
intervening pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Variabel
leverage diukur dengan menggunakan rasio Debt to Equity Ratio (DER), ukuran
perusahaan diukur dengan Ln total asset, Profitabilitas diukur dengan rasio Return
on Asset (ROA), dan nilai perusahaan diukur dengan Tobins’q. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif, sampel yang digunakan adalah 14 perusahaan
yang telah sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan berdasarkan metode
purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dan uji sobel atau uji
mediasi untuk mengetahui pengaruh variabel intervening. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan,
ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, leverage
berpengaruh positif terhadap profitabilitas, ukuran perusahaan tidak berpengaruh
terhadap profitabilitas, dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai
perusahaan. Sedangkan uji mediasi menunjukkan hasil bahwa profitabilitas tidak
mampu memediasi hubungan antara leverage terhadap nilai perusahaan dan ukuran
perusahaan tehadap nilai perusahaan.
Collections
- Management [4703]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...