Ekstensi Model Theory of Planned Behavior dalam Memprediksi Niat Non- Konsumen Muslim Menggunakan Bank Syariah: Kesadaran dan Nilai Persepsian
Abstract
Sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, seharusnya
membuat perbankan syariah dapat memiliki pasar yang lebih besar jika
dibandingkan dengan bank konvensional. Selain itu, dibandingkan dengan negara
Islam lainnya, pangsa pasar bank syariah di Indonesia masih kurang
menggairahkan. Keadaan ini tentu menjadi satu permasalahan yang menarik untuk
diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel norma
subjektif, kesadaran, nilai persepsian sosial, sikap, dan niat untuk menggunakan
bank syariah berlandaskan Theory of Planned Behavior. Penelitian kuantitatif ini
dilakukan melalui survei dengan menggunakan kuesioner secara online dan offline
yang menghasilkan sampel sebanyak 575 responden. Hasil penelitian yang
diperoleh yaitu norma subjektif, kesadaran, dan sikap berpengaruh positif dan
signifikan terhadap niat untuk menggunakan bank syariah, sedangkan nilai
persepsian sosial tidak berpengaruh terhadap niat menggunakan bank syariah.
Collections
- Management [4552]