PENGARUH KREATIVITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA USAHA YANG DIMEDIASI OLEH KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada UKM di Kota Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas produk dan
inovasi produk terhadap kinerja usaha yang dimediasi oleh keunggulan bersaing
studi pada UKM di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakakn metode
pendekatan kuantitatif dengan obyek penelitian ini dilakukan pada UMKM di Kota
Yogyakarta. Sampel yang diambil dalam penelitian sebanyak 50 responden yaitu
pelaku usaha UMKM di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan purposive sampling. Kriteria responden dalam
penelitian ini adalah pimpinan atau pemilik UKM di Kota Yogyakarta minimal
telah berdiri selama 10 tahun dan dalam periode 5 tahun terakhir melakukan
kreativitas produk. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan
kemudian analisis data menggunakan regresi linier berganda. Kesimpulan yang
diperoleh adalah: 1) Kreativitas produk dan inovasi produk berpengaruh signifkan
terhadap keunggulan bersaing; 2) Kreativitas produk dan inovasi produk
berpengaruh signifkan terhadap kinerja; 3) Keunggulan bersaing berpengaruh
signifikan terhadap kinerja; dan 4) Kreativitas produk dan inovasi produk
berpengaruh terhadap kinerja yang dimediasi oleh keunggulan bersaing.
Collections
- Management [4581]