PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PRODUK INDIHOME PADA PT. TELKOM (PERSERO) AREA KABUPATEN KUTAI TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penerapan faktor-
faktor Total Quality Management (TQM) yang terdiri dari Fokus pada pelanggan,
Obsesi terhadap kualitas, Perbaikan sistem secara berkesinambungan dan Komitmen
jangka panjang terhadap kinerja operasional produk Indihome pada PT. Telkom
Persero area Kabupaten Kutai Timur baik secara simultan maupun parsial (2)
Diantara faktor-faktor Total Quality Management(TQM) tersebut, manakah yang
berpengaruh paling dominan terhadap kinerja operasional produk Indihome PT.
Telkom Persero area Kabupaten Kutai Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yaitu menganalisis hubungan
antara variabel bebas dan variabel terikat. Populasi pada penelitian ini adalah
pelanggan aktif Indihome Area Kabupaten Kutai Timur terutama pada wilayah
Kecamatan Sangata Utara dan Sangata Selatan. Teknik penentuan sampel dengan
pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel sebanyak 130 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan
reliabilitasnya, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara simultan Total Quality
Management (X1, X2, X3, X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
operasional Indihome. Namun jika dilihat secara parsial, variabel Fokus pada
pelanggan (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja operasional Indihome.
Sedangkan variabel Obsesi terhadap kualitas (X2) berpengaruh signifikan terhadap
kinerja operasional Indihome. Variabel Perbaikan sistem secara berkesinambungan
(X3) berpengaruh signifikan. Variabel Komitmen jangka panjang (X4) juga
berpengaruh signifikan terhadap kinerja operasional Indihome. Dari hasil uji regresi
diketahui bahwa variabel Perbaikan sistem secara berkesinambungan adalah variabel
yang berpengaruh paling dominan terhadap kinerja operasional Indihome. Hasil
analisis koefisien korelasi (R) sebesar 0,834 menunjukkan bahwa terdapat hubungan
kuat dan positif antara variabel X1, X2, X3, X4 terhadap variabel Y dalam penelitian
ini.
Collections
- Management [4545]