dc.contributor.advisor | Ratna Roostika, S. E., MAC., Ph. D. | |
dc.contributor.author | Alfarizi, M Deko | |
dc.date.accessioned | 2023-05-04T03:36:21Z | |
dc.date.available | 2023-05-04T03:36:21Z | |
dc.date.issued | 2023-04-03 | |
dc.identifier.uri | http://dspace.uii.ac.id/123456789/43922 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengalaman
informasi, pengalaman hiburan, pengalaman homofili dan pengalaman berbasis hubungan
terhadap komitmen di komunitas SNS, sikap merek dan niat membeli pada komunitas online
di facebook, instagram, dan whatsapp. Pengujian model dan hipotesis dilakukan dengan
menggunakan sampel 244 responden dengan populasi yang merupakan pengguna media
sosial di Indonesia yang bergabung di komunitas merek online
(facebook/instagram/whatsapp). Adapula teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu
convinience sampling. Metode Structural Equation Modeling (SEM) dikembangkan untuk
menguji hipotesis penelitian yang diolah menggunakan AMOS versi 24.
Variabel data yang digunakan dalam hal ini antara lain pengalaman informasi,
pengalaman hiburan, pengalaman homofili, pengalaman berbasis hubungan, komitmen di
komunitas SNS, sikap merek dan niat beli. Variabel-variabel ini membentuk tujuh hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengalaman informasi dan pengalaman
berbasis hubungan berpengaruh positif terhadap komitmen di komunitas SNS. Komitmen di
komunitas SNS berpengaruh positif terhadap sikap merek dan niat membeli. Namun,
Pengalaman hiburan dan pengalaman homofili memiliki pengaruh yang tidak signifikan
terhadap komitmen di komunitas SNS. Kemudian, Sikap merek berpengaruh tidak signifikan
terhadap niat beli. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | pengalaman informasi | en_US |
dc.subject | pengalaman hiburan | en_US |
dc.subject | pengalaman homofili | en_US |
dc.subject | pengalaman berbasis hubungan | en_US |
dc.subject | komitmen di komunitas SNS | en_US |
dc.subject | sikap merek | en_US |
dc.subject | niat membeli | en_US |
dc.title | PENGARUH PENGALAMAN, KOMITMEN, DAN SIKAP MEREK, TERHADAP NIAT BELI DI MEDIA SOSIAL | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 17311418 | |