Show simple item record

dc.contributor.authorPuspitasari, Desy
dc.date.accessioned2016-10-07T04:03:57Z
dc.date.available2016-10-07T04:03:57Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/438
dc.description.abstractKondisi ekonomi yang tidak menentu memunculkan iklim persaingan tajam diantara para pelaku usaha. Sehingga diperlukan kecermatan dalam mempertahankan market share yang berhasil dijaring, dan juga dalam merebut pasar yang lebih luas. Disini diperlukan pemahaman tentang kondisi pasar beserta kebutuhannya, sehingga dapat dengan tepat memilih strategi pemasaran yang diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada/tidak hubungan yang signifikan antara atribut marketing mix yang terdiri dari produk, harga, tempat/distribusi, dan promosi dengan karakteristik konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan, dan tingkat pendidikan. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan yang ada yang paling kuat/erat antara atribut marketing mix PT. Batik Danar Hadi Surakarta dengan karakteristik konsumen. Hipotesis yang diajukan disini diduga bahwa harga dengan pendapatan konsumen mempunyai hubungan signifikan yang paling kuat. Dalam pengumpulan datanya digunakan teknik interview, kuisioner, dan observasi. Sampel diambil dengan metode convenience sampling, berjumlah 100 responden, yang populasinya adalah pengunjung toko Danar Hadi di Jalan Rajiman. Untuk mengetahui validitas data digunakan rumus korelasi Product Moment, dan untuk reliabilitasnya digunakan metode Alpha Cronbach. Untuk mengetahui adanya signifikansi digunakan analisa Chi Square dengan dibantu program SPSS, dan untuk mengetahui derajat keeratan hubungan tersebut digunakan alat analisa Koefisien Kontingensi. Kesimpulan yang dapat dikemukakan adalah ada hubungan yang signifikan antara harga dengan usia (X2hitung 26.712 > X2tabel 26.296), harga dengan pendapatan (X2hitung 50.865 > X2tabel 21.026), dan produk dengan pendidikan (X2hitung 21.847 > X2tabel 16.919). Sementara itu harga dengan pendapatan mempunyai hubungan yang paling kuat/erat, yaitu dengan selisih paling kecil antara Cdengan Cmax sebesar 0,285. Dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya. Kemudian diikuti dengan hubungan antara produk dengan pendidikan dengan nilai selien_US
dc.publisherUII Yogyakartaen_US
dc.subjectMarketing Mixen_US
dc.subjectPerilaku Konsumenen_US
dc.subjectPT. Batik Danar Hadi Surakartaen_US
dc.titlePengaruh Atribut Marketing Mix dengan Perilaku Konsumen PT. Batik "Danar Hadi" di Surakartaen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record